Selasa, 05 April 2011

perbedaan alfamart dan indomart

Perbedaan Alfamart dan Indomaret

Alfamart vs. Indomaret

Kita semua tahu bahwa indomaret dan alfamart adalah setru abadi untuk memenangkan pasar yang telah ada, sehingga kedua bersaing dengan mengeluarkan waralaba hanya semata untuk memperluas jangkauan kedua ritel ini. Bagi para investor tentunya ini merupakan peluang investasi yang harus diambil bagaimana tidak, jamina stok barang dan nama yang sudah terkenal (besar) sehingga membuat para investor tidak berpikir ulang terhadap investasi awal yang harus dikeluarkan dan skema royalti fee yang harus dibayarkan kepada kedua ritel tersebut. Sehingga menyebabkan persaingan yang semakin besar contohnya: jika dibuka ritel indomaret baru di jalan A, maka selang satu dua bulan dalam jarak yang tidak berjauhan juga akan dibuka ritel alfamart, bahkan tidak jarang juga ada yang bersebrangan bahkan bersebelahan. Lucu bukan.

Hanya sekedar pemberitahuan: bahwa selama ini di Indonesia telah salah mengartikan arti dari waralaba, sehingga menyebabkan persaingan (bisa dibilang kurang sehat) seperit persaingan antara indomaret dan alfamart. Sebenarnya waralaba itu hanya di bolehkan kepada perusahaan yang hampir bagkrut, seperti di amerika waralaba hanya boleh dilakukan oleh perusahaa yang di anggap pemerintah akan mengalami kebangkrutan sehingga tidak menyebabkan terjadinya persaingan yang seperti indomaret dan alfamart yang ada di Indonesia ini.

Pembahasan diatas hanyalah perkenalan saja, selanjutnya saya akan membahas tentang persaingan antara kedua ritel tersebut. Biasanya usaha yang sama atau sejenis, pelayanan merupakan hal yang paling penting Karena dari pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen maka kita dapat memenangkan persaingan pasar. Dari pengalaman pribadi saya terhadap dua minimarket ini, khususnya di lingkungan tempat tinggal saya, saya menarik kesimpulan-kesimpulan berikut.

Pertama, ketersediaan produk antara dua mini market ini cukup imbang. Sama-sama memiliki variasi produk yang banyak dan beragam. Bedanya Cuma di indomaret hanya menjual es krim satu merek dan di alfamart menjual lebih banyak merek es krim. Sedang kan kalau dari segi harga memeng ada perbedaan antara kedua perusahaan ritel ini, perbedaanyapun tidak terlalu jauh, dan menurut saya faktor itu tidak akan mempengaruhi konsumen. Demikian juga mengenai tata ruang, tidak banyak berbeda. Servis dan pelayanan Inilah dimana perbedaan terjadi. Pelayanan di Alfamart bisa dibilang sangat mengecewakan. Tapi itulah yang saya rasakan. Servis pelayannya sangat mengecewakan. Tak jarang ketika butuh bantuan tidak mendapat tanggapan yang memadai. Yang paling menyebalkan adalah kasirnya yang sangat tidak ramah. Sebaliknya terjadi pengalaman yang berbeda di Indomaret. Servisnya sangat bagus. Setiap menanyakan sesuatu langsung ditanggapi dengan baik. Kasirnya sangat ramah, dan para karyawan Indomaretpun selalu memberikan sambutan “selamat datang, selamat berbelanja di indomaret” kepada siapapun dan kapanpun walau lagi sibuk mereka akan memberikan sambuta yang menjadi nilai plus.

Ada pula peraturan di Alfamart yang mewajibkan menitip jaket, tas dll dengan alasan kenyamanaan bersama, tetapi sering kali peraturan-peraturan itu cenderung membuat beberapa konsumen merasa kurang nyaman karena enggan untuk menitipkan jaket, tas atau barang lain yang di bawahnya. jika hanya sekedar membeli 1-2 barang saja, untuk perihal pelayanan sangat mengecewakan. Tetapi Alfamart melakukan suatu gerakan yang menurut saya sangat bagus yaitu memberikan suatu pelayanan plus bagi anak-anak yaitu sering ada odong-odong alias kiddy ride buat anak-anak kecil yang ikut belanja sama orang tuanya. Dengan begitu para orang tua yang membawa anaknya pergi berbelanja akan merasa tenang untuk berbelanja. Indomaretpun tuidak mau kalah mereka melakukan beberapa aktivitas untuk menarik perhatian dari konsumen, aktivitas – aktivitas itu berupa:

1. Donor Darah Indomaret

2. Indomaret Gelar Tour Bersepeda dll

Indomaret melakukan kegiatan tour sepeda bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan kesehatan dari bersepeda dan mengurangi kemacetan yang semakin parah saja.

Maka dari itu, sudah sejak lama saya menjadi pelanggan setia Indomaret dan hampir tidak pernah ke mini market pesaingnya tadi.

Ini hanya opini yang disimpulkan dari riset dalam lingkup terbatas. Jadi jangan dijadikan generalisasi, namun semoga juga bisa menjadi masukan bagi pihak-pihak pengambil keputusan di dua ritel itu. Dan adapun visi, misi, dan budaya dari alfamart sebagai berikut:

Visi Alfamart

"Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global"

Misi Alfamart

Budaya Alfamart

Dan saya juga melampirkan visi, misi, dan budaya dari Indomaret sebagai berikut:

Visi Indomaret

. Menjadi asset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global

Moto Indomret

. Mudah dan hemat

Budaya perusahaan

. Dalam bekerja kami menjungjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan

. Kerja sama tim

. Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis

. Kepuasan pelanggan

Dari visi, misi, dan budaya kedua perusahaan ritel tersebut wajar kalau kedua ritel ini bersaing ketat untuk memenangkan pasar.

Baru – baru ini Indomaret mendapatkan penghargaan dari Bupati Deli Serdang. DRS.H.Amri Tambunan atas partisipasinya dalam mensukseskan Program gerakan Deli Serdang membangun (GDSM) dan konsep cerdas. Penghargaan di serahkan oleh Camat Tanjung Morawa, Drs.H Hasbi kepada deputy Branch Manager PT Indomarco Prismatama cabang medan, Sukamto pada upacara HUR RI ke 65 di lapangan sepak bola Peston, Tanjung Morawa.

Indomaretpun memberikan kemudahan kepada konsumen – konsumennya dengan fasilitas T-Cash dan Indomaret card. Fasilitas T-Cash memungkinkan konsumen Indomaret melekukan transaksi pembelian atau pembayaran secara digital dengan menggunakan ponsel di 4000 gerai Indomaret di Jawa, Bali, Lampung, dan Medan, dan untuk card ini Indomaret bekerja sama dengan bang mandiri sehingga Indomaret card dapat membantu para konsumen dalam hal melakukan pembelanjaan di gerai - gerai Indomaret, tanpa harus membawa uang tunai dan Indomaret card juga dapat di gunakan untuk melakukan pembayaran tagihan telepon rumah, listrik, SPBU, TV kabel, kredit kendaraan di Indomaret. Fasilitas – fasilitas ini di dilakukan oleh Indomaret hanya semata-mata untuk memberikan kenyamanan untuk para pelanggannya.

Sekian dari riset yang saya lakukan, semoga riset ini dapat membantu anda semua dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk kenyamanan proses berbelanja kalian semua.

Pelayanan alfmart dan indomart

Pegawai alfamart lebih ramah di bandingkan sama pegawai indomart sedangkan penampilan lebih rapi pegawai indomart pembelian tidak di haruskan memakai sepatu

Untuk konsumen yang membeli karena alfmart dan indomart bebas untuk semua kalang yang mau membeli produk tersebut

Harga

dari segi harga alfamart lebih murah di bandingkan dengan indomart karena dalam penjualan produk alfamart mempunyai perbedaan dengan harga indomart meski harga tidak bedah jauh dengan pebedaan 500 konsumen akan memilih ke alfamart.

Produ yang di jual

Produk yang di jual alfamart tidzak lengkap seperti yang dijual di indomart karena indomart sangat lengkap meski harga lebih mahal indomart dengan lengkapnya kebutuhan konsumen jadi para konsumen bisa tersedia apa yang konsumen butuhkan

1 komentar:

  1. Berhubungan dengan berlakunya tugas softskill untuk tugas portofolio. ada

    baiknya blog ini terhubung dengan link gunadarma

    http://www.gunadarma.ac.id/

    Dan Tambahkan RSS Feed Studentsite pada blog ini juga,untuk panduanya

    klik link ini

    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30947/RSS+Feed

    +Studentsite+Pada+Blogspot.pdf Terima Kasih.

    BalasHapus