Senin, 16 November 2009

BERKEMBANGNYA PERHATIAN TERHADAP MASALAH PEMBANGUNAN EKONOMI

dewasa ini para ilmiawan darin berbagai jurusan ilmu pengetahuan, pejabat-pejabat dan badan - badan pemerintah negara-negara maju dan beberapa badan international, memberikan perhatian yang sangat besar kepada berbagai aspek mengenai pembangunan ekonomi.
keadaan seperti ini baru berkembang setelah perang dunia ke dua (2),sebelum itu sangat sedikit sekali perhatian diberikan oleh berbagai kalangan kepada pembahasan,analisis dan pelaksanaan pembangunan ekonomi.




BERKEMBANGNYA ILMU EKONOMI PEMBANGUAN

Berikut dengan bertambah besarnya perhatian yang di berikan dalam membangun negara-negara berkembang maka makin meluas pula kesadaran bahwa tugas membangun negara-negara itu bukanlah tugas yang sederhana dan mudah.
Bantuan modal, teknik dan tenaga ahli dari negara-negara kaya belum merupahkan jaminan yang kuat bagi tercapainya cita-cita tersebut...Maslah pembangunan ekonomi negara-negara berkembang merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks dan sangat berlainan sifatnya dengan maslah pembangunan yang pernah di hadapi negara-negara maju,sifat permasalahan yang sangat berbedah itu menyebabkan satu pendekatan baru untuk mecahkannya perlu di ciptakan.


DEFINISI DAN PENGERTIAN PEMBANGUNAN EKONOMI

Walaupun kebijasanaan-kebijaksaan pembangunan ekonomi selalu di tujukan untuk mempertinggi kesejahteraan dalam arti yang seluas lausnya,kegiatan pembangunan ekonomi selalu di pandang sebagai sebagian dari keseluruhan usaha pembangunan yang di jalankan oleh sesuatu masyarakat.pembangunan ekonomi hanya meliputi usaha sesuatu masyarakat untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan mempertinggi tingkat pendapatan masyarakatnya,sedangkan keseluruhan usaha-ussaha pembangunan meliputi juga usaha-usaha pembangunan sosial,politik dan budaya.

MENGHITUNG PENDAPATAN NASIONAL,PENDAPATAN PERKAPITA DAN TINGKAT LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI

Pendapatan nasional merupahkan nilai produksi barang-barang dan jasa-jasa yang diciptakan dalam sesuatu perekonomian di dalam masa satu tahun.untuk menghitungnya,tiga cara dapat di gunakan: cara pengeluaran,cara produksi,dan cara pendapatan.masing-masing cara ini akan menghasilkan nilai pendapatan nasional yang berbedah.
1.Cara pengeluaran adalah cara menentukan pendapatan nasional denagan menjumlahkan seluruh pengeluaran berbagai golongan pembeli dalam masyarakat.para pembeli dalam masyarakat di bedahkan dalam 4 golongan: rumah tangga,pengusaha,pemerintah,dan sektor luar negeri(ekspor dan impor.
2.cara produksi yaitu pendapatan nasional di hitung denagn menentukan dan selanjutnya menjumlahkan nilai produksi yang di ciptakan oleh tiap-tiap sektor produktif yang ada dalam perekonomian.
3.cara ketiga yaitu pendapatan nasional di hitung dengan menjumlahkan pendapatan faktor-faktor produksi yang di gunakan barang-barang dan jasa-jasa.

PERUBAHAN SUMBANGAN BERBAGAI SEKTOR DALAM MENCIPTAKAN PRODUKSI NASIONAL

Untuk mengetahui bagaimana corak perubahan dalam struktur ekonomi dalam perkembangan ekonomi pada masa yang lalu'kuznets mengumpulkan data mengenai sumbangan berbagai sektor kepada produksi nasional di 13 negara yang sekarang ini termasuk dalam golonagan negara-negara maju.Data yang di kumpulkannya tersebut,dalam bentuk yang di sederhanakan,ditunjukan perubahan sumbangan sektor pertanian,industri dan jasa-jasa kepada produksi nasional di 13 belas negara maju sejak abad yang lalu hingga pada pertengahan abad ini.


sumber...Ekonomi pembanguan karya sadono sukirno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar